Pabsi Ingin Loloskan Dua Lifter Lagi Ke Olimpiade

Atlet nasional angkat besi menjalani latihan perdana di JIEXPO Kemayoran, Selasa (14/8/2018). Lindswell Kwok dkk. menjajal lapangan di saat venue belum simpulan dibangun.

PB PABSI berambisi meloloskan lifter pelengkap ke Olimpiade Tokyo. (Foto: detikcom/Agung Pambudhy)

JakartaPB PABSI punya target untuk meloloskan lifter lagi ke Olimpiade Tokyo yang mau dihelat 2021. Rahmat Erwin Abdullah salah satu yang diproyeksikan.

Saat ini, angkat besi Indonesia telah meloloskan Eko Yuli Irawan kelas 61 kg putra dan Windy Cantika Aisyah di kelas 49 kg putri.

Kepala bidang Pembinaan Prestasi PABSI, Hadi Wihardja, menyampaikan masih ada kesempatan bagi Indonesia untuk meloloskan kembali atlet-atlet angkat besi ke Olimpiade.

Baca Juga : Membantu Menurunkan Kolesterol

"Seperti Nurul Akmal itu di zona Asia ranking 1. Berarti harusnya beliau sanggup masuk. Kami kan menyebutnya ada delapan (kuota) inti, empat per zona. Nah, untuk di zona Asia Akmal hanya ditempel Uzbekistan dan Mesir. Nanti kita berhitung dengan tim instruktur (supaya lolos)," kata Hadi terhadap detikSport, Minggu (13/12/2020).

"Lalu ada Rahmat (Erwin Abdullah). Nanti kita coba siapkan strateginya agar masuk ke delapan besar."

Jika merujuk pada ranking kualifikasi road to Olympic IWF, baik Nurul Akmal dan Rahmat berada di peringkat 12 dan 22 masing-masing kelasnya 87+ kg dan 73 kg.

Terkait itu, Hadi juga masih menanti keputusan International Weighlifting Federation (IWF) untuk kualifikasi Olimpiade selanjutnya.

Baca Juga : Menghilangkan Bekas Jerawat 

"Sejauh ini Akmal akan turun di Kejuaraan Asia Angkat Besi pada April mendatang. Sementara, Rahmat kami masih diskusi alasannya sebelumnya ia terdaftar di Kejuaraan Dunia Junior 2020 di Rumania," katanya.

"Nah, bila masih dianggap ingusan untuk ambil poin di Kejuaraan Dunia Junior di Jeddah 2021 (Bagus), namun kami masih lihat juga ini bagaimana," kata beliau menjelaskan.

"Rahmat telah tidak ingusan namun beliau memperoleh spesialisasi bila mau ikut ingusan akan dijumlah poinnya. Itu lagi kami pikirkan. Tapi bila menyaksikan fightingnya kami memutuskan beliau turun di Kejuaraan Asia mudah-mudahan prestasinya ngangkat. Kalau di ingusan takutnya tak ada lawan, nanti prestasinya tak muncul. Nah, ini yang kami godok."

"Semoga sebelum Natal itu telah sanggup kami putuskan," kata Hadi mengharapkan.

Baca Juga : Antioksidan dan Daya Tahan Tubuh


Posting Komentar